Minggu, 26 November 2017

Tugas Individu Etika Profesi (Proposal Usaha)

TUGAS SOFTSKILL
ETIKA PROFESI
(PROPOSAL BISNIS PENJUALAN SANGKAR BURUNG)



Disusun oleh:
                        Nama               : Syamsul Hudha
                        NPM               : 3A414594
                        Kelas               : 4ID15
                        Dosen              : Erian Sutantio







JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2017


BAB I
PENDAHULUAN


1.1        Latar Balakang
Mendengarkan suara kicau burung memang sangat menyenangkan, terutama bagi para penggemar burung yang sekarang sedang marak dimana mana. Penggemar burung atau biasa disebut kicau mania saling berlomba untuk memamerkan burung kicauan hasil peliharaanya. Perlombaan selalu diadakan oleh event organizer lomba burung hampir disetiap wilayah, bahkan satu wilayah bisa terdapat 2 sampai 3 perlombaan sehari dan terkadang ada yang mengadakan perlombaan setiap hari. Peluang usaha terlihat dari fenomena kicau mania yang sedang booming tersebut, maka kami berinsiatif untuk melakukan usaha pemasaran serta penjualan sangkar burung. Sangkar burung yang kami pasarkan sangat variatif, ada yang segmen bawah, menengah, hingga atas agar mudah menyesuaikan isi kantong para pembeli.
Kicau mania biasanya mendirikan komunitasnya masing-masing, ada yang berdasarkan kesamaan jenis burung ada juga yang berdasarkan suatu daerah tempat mereka tinggal. Komunitas tersebut biasanya memiliki logo atau ciri khas yang terdapat pada krodong atau sangkar yang mereka gunakan, dengan menawarkan berbagai jenis sangkar, krodong, dan aksesoris yang bervariatif dapat memudahkan para anggota komunitas memilih barang sesuai kemampuan isi kantong mereka. Target penjualan kami adalah para kicau mania baik dari dalam maupun luar kota.

1.2        Tujuan
Proposal ini kami susun untuk mendapatkan suatu tujuan. Tujuan dari pembuatan proposal ini adalah sebagai berikut:
1.      Menghitung serta menentukan modal awal,
2.      Meberikan informasi modal awal kepada para investor,
3.      Memberi informasi produk yang kami pasarkan kepada para investor,
4.      Memberi informasi sistem pembagian hasil kepada para investor.
BAB II
GAMBARAN USAHA


2.1        Profil Usaha
Usaha yang kami akan dirikan usaha dibidang penjualan serta pemasaran sangkar burung. Sistem yang pemasaran serta penjualan yang kami gunakan adalah online store dan offline store. Berikut adalah nama serta alamat toko kami
Nama toko                     : Sham’s Sangkar
Alamat toko                   : Bumi Sani Permai Blok A5 no 16, Tambun Selatan
  Bekasi, Jawa Barat
No.Telp                          : 021-88341701
                                         082299684248 (whastapp only)
Online Store                   : Sham’s sangkar (tokopedia, OLX, Bukalapak,
  Lazada, Instagram dan Facebook)
         Waktu operasional         : 08.00 s/d 21.00
Para pembeli dapat mengunjungi kami di alamat diatas atau dapat membeli online pada situs jual beli online dengan menuju nama toko kami. Tujuan kami mendirikan usaha ini adalah sebagai berikut:
a.       Berperan aktif meramaikan dunia usaha,
b.      Menyediakan kebutuhan sangkar dan aksesoris bagi para kicau mania,
c.       Mempermudah para kicau mania mendapatkan sesuai keinginannya,
d.      Menjalin silaturahim antara sesama kicau mania, dan
e.       Mendapatkan keuntungan atau laba.

2.2        Visi Dan Misi
Kami memiliki visi dan misi untuk memberikan motifasi agar usaha kami dapat maju dan berkermbang. Berikut visi dan misi kami:
Visi: menjadi tempat pemasaran serta penjualan sangkar burung dan aksesoris yang paling mengerti keingin para kicau mania serta komunitasnya.
Misi: melakukan pengembangan model dan jenis sangkar secara terus menerus mengikuti perkembangan jaman.

2.3        Konsep Promosi
Toko yang melakukan penjualan pasti memiliki untuk mempromosikan dirinya, begitu juga toko yang kami akan dirikan ini. Konsep promosi yang kami lakukan adalah sebagai berikut:
1.      Memposting barang dagangan kami di grup jual beli facebook serta akun Instagram kami,
2.      Memberikan stiker logo toko kami kepada setiap pembeli yang melakukan transaksi diatas 50rb,
3.      Mendirikan stand di setiap event perlombaan burung.

2.4        Target Pelanganggan
Pemasarasan serta penjualan barang pasti memiliki target pelanggan untuk menentukan kepada siapa barang tersebut akan dipasarkan dan dijual. Usaha kami memiliki target pelanggan yaitu kicau mania dari berbagai macam segmen, kami memasarkan dan menjual sangkar serta aksesoris dari para pengrajin untuk target pelanggan segmen bawah karna harganya tergolong murah, kemudian kami memasarkan dan menjual sangkar serta aksesoris yang memliki kualitas untuk target pelanggan segmen menengah karna harganya dapat dijangkau baik dari segmen atas ataupun bawah, dan kami memasarkan dan menjual sangkar serta aksesoris yang bermerk untuk target pelanggan segmen atas karena harga terbilang fantastis.








BAB III
ANALISIS USAHA


3.1        Prespektif Masa Depan Usaha
Prinsip selalu mengedepankan keinginan para costumer untuk menarik minat dari para kicaumania dan selalu menjalin kebersamaan di dunia kicau membuat toko kami akan selalu dikenal dengan kualitasnya yang selalu memuaskan para pembeli ataupun pemesan. Masa depan usaha akan tetap terjamin dan tidak akan termakan oleh usia, bahkan akan memantapkan jalur pengembangan usaha.
3.2        Analisis Persaingan
Setiap usaha akan selalu ada persaingan, berdasarkan peninjauan dilapangan banyak sekali toko yang memasarkan produk yang sama. Toko kami menyikapi hal tersebut dengan baik, kami tetap berusaha untuk memikat hati pelanggan dengan cara yang bersih bahkan mengajak kerja sama dengan toko yang ada disekitar kami bila kami sedang mendapatkan pesanan barang yang tidak ada di toko kami.














BAB IV
RENCANA PRODUKSI DAN RESIKO


4.1        Sumber Produk Atau Bahan
Untuk Sumber bahan baku kami dapatkan dari pengrajin kandan kandang ataupun krodong, sedangkan produk yang sudah jadi kami dapatkan dari supplier merk ternama dan sudah terjamin kualitasnya, seperti: Ebod Jaya, BnR, Radjawali, dan masih banyak lagi. Sehingga toko kami memiliki banyak stock dengan berbagai variant model serta harga yang kompetitif.

4.2        Evaluasi Tentang Kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Kami mengevaluasi kelemahan usaha dari toko kami dengan mengunakan metode SWOT. Berikut penjelasannya:
·         Strength (Kekuatan)
A.    Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif.
B.     Dapat memenuhi setiap kebutuhan pelanggan.
C.     Mengutamakan kualitas dan kepuasan pelanggan.
·         Weaknes (Kelemahan)
A.    Pengataran barang dari supplier yang kadang suka terlambat.
B.     Barang yang dikirim berupa 1set.
·         Oportunity (Peluang)
A.    Dengan makin berkembangnya dunia hobby burung kicau, memudahkan mencari pelanggan.
B.     Model yang selalu berubah ubah, menarik minat para kicau mania untuk memeliki kandang atau krodong model terbaru.
·         Threaty (Ancaman)
A.    Menjamurnya toko sejenis
B.     .Munculnya barang replika dari merk terkenal.

BAB V
PERENCANAAN PERMODALAN


5.1        Sumber Modal
Sebagai sumber awal toko pendirian kami yaitu dari pemilik toko. Pemilik toko mengajak rekan rekan yang ini berinvestasi dibidang hobby burung dapat berkonsultasi kepada pemilik toko.

5.2        Modal Awal
Modal awal toko pemasaran serta penjual kandang dan aksesoris kandang ini cukup banyak. Kami melakukan promosi lewat online dan juga membuka gerai toko. Berikut rincian modal awal.
Tabel 5.1 Modal Awal
Aset
Biaya yang di keluar kan
(Rp)
Laptop
6.000.000
Digital Printing Kain
25.000.000
Internet Bulanan
200.000
Pembuatan Etalase
2.000.000
Pembuatan Rak dan Gantungan
3.000.000
Pembuatan Banner
300.000
Pendaftaran Agen Ebod Jaya
10.000.000
Pendaftaran Agen BnR
10.000.000
Pendaftaran Agen Radjawali
10.000.000
Total
66.500.000

5.3        Proyeksi Aliran Kas
Aliran kas masuk dari 100% pemasukan kotor, 30% masuk sebagai keuntungan penjualan sedangkan 70% masuk sebagai aliran kas keluar yang digunakan kembali untuk modal. Keuntungan dapat diambil setiap ada barang yang terjual, sedangkan modal awal dianggap sebagai aset karena modal awal ada pembelanjan bahan baku yang akan selalu berputar terus.

5.4        Perencanaan Laba Rugi
Tabel 5.2 Perhitungan Total Biaya Manufaktur
Biaya Tetap
(Rp)
Internet Bulanan
200.000
Total
200.000
Biaya Variabel
(Rp)
Pemesanan Produk Ebod
5.000.000
Pemesanan Produk BnR
5.000.000
Pemesanan Produk Radjawali
5.000.000
Pemesanan Produk Lainya
10.000.000
Pembelian Tinta Digital Printing
2.000.000
Total
27.000.000
Biaya Lain
(Rp)
Konsumtif @Harian
@25.000
Total
25.000
            Tabel diatas menunjukan perhitungan biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya. Untung keuntungan dapat diambil dari setiap produk yang terjual, perkiraan benefit 30% dari keuntungan penjualan tergantung banyak sedikitnya penjualan.













BAB VI
PENUTUP


7.1        Kesimpulan
Demikian proposal ini saya susun, saya mendirikan usaha ini karena melihat ada yang peluang usaha yang begitu besar. Peluang tersebut didukung oleh berkembangnya dunia hobby burung kicauan di Indonesia. Para kicau mania yang ingin berinvestasi dapat menghubungi nomer saya, atas perhatiannnya saya uncapkan terima kasih.

7.2        Saran

Penanaman modal ditoko ini dibatasi anggotanya, jadi saya memberikan saran untuk segera menghubungi jika ada kicau mania yang berminat bergabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar